Finarya Blog - Kerja cerdas, Kerja ikhlas, Kerja tuntas

Senin, 04 Januari 2010

Ubuntu 9.04 “Jaunty Jackalope” di HP Compaq Presario CQ40-337TU

Pertengahan 2009 saya memutuskan membeli Laptop keluaran HP-Compaq dari CQ Series dan tepatnya adalah HP Compaq presario CQ40-337TU. Pilihan ini sesuai dana yang aku punya (559 US$ non OS) dan juga kualitas nama besar HP-Compaq.
Sayangnya begitu transaksi selesai aku baru tau kalo laptop ini hanya support Windows VISTA.

Akhirnya aku paksakan menggunakan OS Windows Vista bajakan sambil googling gimana caranya laptop ini bisa di install linux aja.
Lumayan lambreta juga memakai VISTA di laptop ini.
Aku tanya ke service centre untuk upgrade memori ke 2 GB butuh dana 50 - 70 US$.... Hmmm ntar dulu deh.
cari alternatip lainnya.

Ternyata untuk ada info bahwa laptop ini bisa di install OS Linux dengan distro Ubuntu 9.04 dengan panggilan “Jaunty Jackalope”.

Langsung aku cari di Mall Ambasador CD Ubuntu itu dengan tebusan Rp.35.000.

Selesai mengamankan data, aku mulai install Ubuntu tersebut sampai selesai.
Setelah selesai ternyata ..... ihiks ... sound cardnya tidak bisa mengeluarkan suara.
Ya sudah cari info di Mbah Google sana sini dan akhirnya .... BINGGO !!!

Ternyata aku harus sedikit merubah Pulse Audio Drive menjadi Alsa Driver dan menambah 2 parameter options di alsa-base.conf

alsa-base.conf
1. options snd-hda-intel model=hp-m4 enable=1 index=0
2. options snd-hda-intel enable_msi=1

Dan akhirnya laptop yang semula bisu kini bisa mengeluarkan suara music kesukaanku.
baik dari Speaker maupun dari Headset.

Silakan copy paste asal disebutkan sumber aslinya
Ubuntu 9.04 “Jaunty Jackalope” di HP Compaq Presario CQ40-337TU @ finarya.blogspot.com